it's Magic yeahh

IP

Fire work

Mine

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Selasa, Maret 01, 2011

House Bertia : Sejarah Dinosaurus

Dinosaurus muncul pertama kali sekitar 225 juta tahun yang lalu pada Zaman Trias. Binatang ini terus hidup sampai Zaman Jura dan berkembang menjadi raksasa pada Zaman Kapur. Sekitar 65 juta tahun yang lalu, pada
akhir Zaman Kapur, dinosaurus lenyap dari muka bumi.


Bumi mulai terbentuk kira-kira 4,5 milyar
tahun yang lalu. Makhluk hidup muncul
sekitar 3,5 milyar yang lalu.
Sampai 600 juta tahun silam yang ada baru
binatang sederhana seperti bunga karang
dan ubur-ubur.
Invertebrata seperti trilobita hidup dari 570
juta  hingga 300 juta tahun yang lalu
pada Masa Paleozoikum.
Binatang bertulang belakang,
disebut vertebrata muncul pada Zaman Devon. Diantaranya ikan pertama.
Pada Zaman Karbon muncullah
tetumbuhan Amfibi seperti katak
adalah binatang pertama yang merayapi daratan.
Pada akhir Zaman Karbon ada amfibi lebih
banyak lagi, dan reptilia pertama
mulai muncul.
Pada awal Zaman Trias ada banyak
reptilia dan dinosaurus, bersama
dengan mamalia pertama.
Zaman Jura adalah masa jaya dinosaurus ;
waktu itu ada banyak alosaurus,
stegosaurus dan apatosaurus.
Dinosaurus terus berevolusi. Pada Zaman
Kapur Tiranosaurus dan Triseratops
muncul untuk pertama kali.
Semua dinosaurus sudah lenyap pada Masa
Kenozoikum, dan sudah ada mamalia besar
seperti misalnya mamut.




Dinosaurus (Yunani δεινόσαυρος, deinosauros) adalah hewan bertulang belakang dominan di ekosistem darat selama lebih dari 160 juta tahun, dari periode Trias Tua (sekitar 230 juta tahun yang lalu) sampai dengan akhir periode Kapur (sekitar 65 juta tahun yang lalu), ketika banyak dari mereka punah pada peristiwa kepunahan Kapur-Tersier. Sepuluh ribuan jenis burung yang hidup sekarang telah diklasifikasikan sebagai dinosaurus.
Penemuan burung primitif tahun 1861 Archaeopteryx pertamakalinya memberi petunjuk kekerabatan erat antara dinosaurus dan burung. Selain adanya kesan bulu yang memfosil, Archaeopteryx sangat mirip dinosaurus pemangsa berukuran kecil Compsognathus. Sejak itu penelitian telah mengidentifikasi dinosaurus theropoda paling mungkin sebagai moyang langsung dari burung; kebanyakan paleontolog sekarang menganggap burung sebagai satu-satunya dinosaurus yang masih bertahan, dan beberapa menyarankan bahwa dinosaurus dan burung mesti dikelompokkan dalam satu kelas biologi.[1] Selain burung, buaya adalah kerabat dekat lain dari dinosaurus yang bertahan sampai kini.. Seperti dinosaurus dan burung, buaya juga anggota Archosauria, kelompok reptil yang muncul pertama kali pada periode Perm sangat tua dan mendominasi pada periode Trias tengah.
Selama paruh pertama dari abad ke 20, banyak komunitas ilmuwan percaya dinosaurus sebagai hewan berdarah dingin yang bodoh dan lambat. Namun, banyak penelitian yang dilakukan sejak tahun 1970-an (disebut renaisans dinosaurus) telah mendukung pandangan bahwa dinosaurus adalah binatang yang aktif dengan metabolisme yang tinggi dan adaptasi yang beragam untuk interaksi sosial. Perubahan yang dihasilkan pada pemahaman ilmiah tentang dinosaurus lambat laun tersaring menjadi kesadaran populer.
Sejak fosil dinosaurus pertama dikenali pada awal abad sembilan belas, rangka dinosaurus yang dirangkai menjadi pertunjukan yang poluler di museum-museum di seluruh dunia. Dinosaurus menjadi budaya dunia dan terus populer. Mereka menjadi topik di buku-buku terlaris dan film-film (paling dikenal Jurassic Park), dan penemuan-penemuan baru secara teratur diungkapkan di media
Istilah "dinosaurus" (Inggris, dinosaur) dikemukakan tahun 1842 oleh Sir Richard Owen dan bersal dari bahasa Yunani δεινός (deinos) "mengerikan, kuat, hebat" + σαῦρος (sauros) "kadal". Istilah dinosaurus kadang-kadang digunakan secara tidak resmi untuk menggambarkan reptil prasejarah lain seperti pelycosaurus Dimetrodon, pterosaurus yang bersayap, serta ichthyosaurus, plesiosaurus dan mosasaurus, meskipun tak satupun dari hewan-hewan ini yang merupakan dinosaurus.

Jenis-Jenis nya Gann

Ankylosaurus

Ankylosaurus adalah salah satu jenis dinosaurus yang memiliki tubuh sebesar ayam. Ankylosaurus memiliki tubuh yang dilindungi oleh semacam cangkang keras yang membuat tubuhnya tidak bisa diserang dengan mudah, bahkan oleh Tyrannosaurus-Rex. Ekornya panjang lurus dan sangat keras. Jika Ankylosaurus dihadang oleh lawannya, ia akan menyerang lawan tersebut dengan ekor kerasnya dan dalam sekejap lawannya akan terjatuh. Para ilmuwan dan ahli palaeontologi biasanya menyebut Ankylosaurus dengan sebutan ‘Anky kecil’.

Archeopteryx

Model Archaeopteryx lithographica sebagai pajangan di Museum 
Universitas Oxford.
Model Archaeopteryx lithographica sebagai pajangan di Museum Universitas Oxford.
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Archaeopterygiformes
Famili: Archaeopterygidae
Genus: Archaeopteryx
Meyer, 1861
Spesies
A. lithographicaMeyer, 1861
Archaeopteryx (dari Bahasa Yunani Kuno ἀρχαῖος archaios yang berarti ‘kuno’ dan πτέρυξ pteryx yang bearti ‘bulu unggas’ atau ‘sayap’; dibaca “ar-kee-OP-ter-iks” [ɑː(ɹ)kiˈɒptəɹɪks]) adalah jenis burung paling awal dan primitif yang diketahui. Binatang ini hidup pada Periode Jura sekitar 155–150 juta tahun lalu yang saat ini dikenal sebagai wilayah Jerman bagian selatan. Dalam Bahasa Jerman, Archaeopteryx dikenal sebagai Urvogel, sebuah kata yang berarti “burung yang asli” atau “burung pertama”. Meskipun namanya yang asli berasal dari Bahasa Jerman, Kata ini juga digunakan dalam Bahasa Inggris.

Brontosaurus


Brontosaurus
Kerangka Brontosaurus oleh O.C. Marsh
Kerangka Brontosaurus oleh O.C. Marsh
Status konservasi
Punah (fosil)
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Sauropsida
Superordo: Dinosauria
Ordo: Saurischia
Upaordo: Sauropodomorpha
Infraordo: Sauropoda
Famili: Diplodocidae
Genus: Apatosaurus
Nama binomial
Apatosaurus excelsus
(Marsh, 1879) vide Riggs, 1903
Sinonim
  • Brontosaurus excelsus Marsh, 1879c
Brontosaurus (yang berarti “kadal kilat” (dari bahasa Yunani brontē/βροντη artinya ‘kilat’ dan sauros/σαυρος artinya ‘kadal’), adalah sebuah genus sauropoda dinosaurs yang sudah tidak dipakai lagi. Spesies Brontosaurus excelsus dinamakan oleh penemunya Othniel Charles Marsh, pada tahun 1879 dan nama ini tetap dipakai dalam literatur resmi sampai kurang lebih tahun 1974, meskipun sudah dikenil sebagai sebuah spesies dari genus yang telah disebut sebelumya, Apatosaurus, pada tahun 1903. Brontosaurus adalah dinosaurus yang mempunyai leher sangat panjang dan termasuk dinosaurus herbivora. Diperkirakan hidup di zaman kapur. Habitatnya biasanya di tepi danau dan di hutan. Namun, setelah beberapa tahun nama Brontosaurus diganti kembali menjadi Apatosaurus.

Caudipteryx



?
Caudipteryx

Contoh dari Caudipteryx zoui.
Contoh dari Caudipteryx zoui.
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Sauropsida
Superordo: Dinosauria
Ordo: Saurischia
Upaordo: Theropoda
Infraordo: Oviraptorosauria
Famili: Caudipteridae
Zhou & Wang, 2000
Genus: Caudipteryx
Ji et al., 1998
Spesies
C. zoui Ji et al., 1998 (Spesies jenis)
C. dongi Zhou & Wang, 2000
Caudipteryx adalah salah satu dari dinosaurus berbulu burung. Ukuran tubuhnya sebesar kalkun. Hewan ini mempunyai beberapa gigi tajam di bagian atas mulutnya. Hewan ini juga mempunyai kaki yang panjang untuk menyebrangi air. Ciri khas hewan ini adalah mempunyai bulu burung di bagian ekor dan lengannya. Hewan ini adalah karnivora

Compsognathus


Compsognathus adalah jenis dinosaurus kecil yang menyerang secara berkelompok seperti Velociraptor. Kelompok Compsognathus jauh lebih banyak daripada Velociraptor, karena tubuh mereka jauh lebih kecil. Strategi kelompok Compsognathus lebih agresif daripada Velociraptor. Mereka tidak menggunakan pengalih perhatian, melainkan bantuan tambahan di belakang mereka yang sudah siap siaga. Compsognathus, Velociraptor, dan Tyrannosaurus memiliki bentuk yang mirip, tetapi mereka memiliki jenis yang berbeda.

Giganotosaurus



Giganotosaurus carolinii adalah sejenis dinosaurus. Dari segi bentuk tubuh, jenis ini amat mirip dengan Tyrannosaurus rex, tetapi ukurannya sekitar 2 atau 3 meter lebih besar daripada Tyrannosaurus rex (sebagai acuan, panjang Tyrannosaurus rex ± 13 meter). Pemangsa yang ganas, bersifat sama dengan Tyrannosaurus Rex. Yang membedakan Giganotosaurus dengan yang lain hanyalah ukuran tubuhnya, 3 cakar berlengan besar (Tyrannosaurus rex hanya memiliki 2 cakar dan lengan sangat kecil), dan tulang-tulang seperti sirip pada seluruh permukaan atas tubuhnya, dari ujung moncongnya sampai ujung ekornya. Sirip inipun tidak terlalu terlihat karena amat kecil dibandingkan dengan tubuhnya yang amat besar. Giganotosaurus disebut-sebut sebagai saingan raja kadal Tyrannosaurus karena besar tubuh dan keganasannya.

Massospondylus



?
Massospondylus
Status konservasi
Punah (fosil)
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Sauropsida
Superordo: Dinosauria
Ordo: Saurischia
Upaordo: Sauropodomorpha
Infraordo: Prosauropoda
Famili: Massospondylidae
Genus: Massospondylus
Nama binomial
Massospondylus carinatus
(Owen, 1854)
Massospondylus adalah sebuah genus prosauropoda dinosaurus. Spesies Massospondylus carinatus dinamakan oleh penemunya Richard Owen, pada tahun 1879.

Megalodon


Megalodon
Rentang fosil: Miocene – Pliocene
Gigi Megalodon.
Gigi Megalodon.
Status konservasi
Punah (fosil)
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Chondrichthyes
Upakelas: Elasmobranchii
Ordo: Lamniformes
Famili: Lamnidae
Genus: Carcharodon
Spesies: C. megalodon
Nama binomial
Carcharodon megalodon
Agassiz, 1843
Megalodon adalah sebuah spesies ikan hiu purba raksasa yang dianggap sebagai jenis hiu pertama yang ada. Hidup sekitar 20 hingga 1,2 juta tahun lalu, hiu ini berukuran lebih besar dari sebuah kapal pesiar. Namanya sendiri berarti “gigi yang besar”. Hewan ini termasuk jenis hiu perairan dalam yang jarang naik ke permukaan kecuali untuk mencari mangsa. Isu yang tersebar Meski hiu ini belum pernah ditemukan dalam keadaan hidup, banyak di antara kalangan ilmuwan berpendapat bahwa hiu ini masih hidup, dan termasuk fosil hidup. Keturunan dekat hiu ini adalah hiu putih.

Plesiosauria




?
Plesiosauria
Rentang fosil: Triasik AkhirKretasius Akhir
Rekonstruksi Plesiosaurus.
Rekonstruksi Plesiosaurus.
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Reptilia
Superordo: Sauropterygia
Ordo: Plesiosauria
de Blainville, 1835
Suborder
Plesiosauroidea
Pliosauroidea
Plesiosauria (Yunani: plesios berarti ‘dekat dengan’ dan sauros berarti ‘kadal’) adalah ordo dari hewan reptil yang hidup pada zaman Mesozoikum. Spesiesnya yang terkenal adalah Plesiosaurus.

Plesiosaurus



?
Plesiosaurus
Rentang fosil: Jurasik Awal
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Sauropsida
Superordo: Sauropterygia
Ordo: Plesiosauria
Upaordo: Plesiosauroidea
Famili: Plesiosauridae
Gray, 1825
Genus: Plesiosaurus
Conybeare, 1821
Species
Plesiosaurus (bahasa Yunani: plesios, berarti dekat dengan + sauros, berarti kadal) adalah jenis dinosaurus berleher panjang dari ordo plesiosauria yang hidup di air. Termasuk jenis karnivora, karena hidup di air membuatnya harus memakan ikan.
Plesiosaurus hidup pada masa awal periode Jurasik. Temuan tulang fosilnya yang hampir sempurna ditemukan di Inggris dan Jerman. Ia memiliki kepala yang kecil, leher panjang dan ramping, tubuh berbentuk kura-kura, ekor pendek, serta 2 pasang kaki berbentuk dayung yang panjang.

Pteranodon




?
Pteranodon
Rentang fosil: Mid-Late Cretaceous
Pteranodon sternbergi
Pteranodon sternbergi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Sauropsida
Ordo: Pterosauria
Upaordo: Pterodactyloidea
Superfamili: Ornithocheiroidea
Famili: Pteranodontidae
Genus: Pteranodon
Marsh, 1876
Species
  • P. longiceps (type)
  • P. sternbergi
Pteranodon (pengucapan /tɨˈrænədɒn/; dari bahasa Yunani Kuno πτερ- “sayap” dan αν-οδων “tak bergigi”), dari Zaman Kapur Akhir (Coniacian-Campanian, 89,3-70,6 juta tahun yang lalu) Amerika Utara (Kansas, Alabama, Nebraska, Wyoming, dan South Dakota), adalah jenis pterosaurus terbesar dengan bentang sayap mencapai 9 meter.

Quetzalcoatlus



Quetzalcoatlus sejenis dengan Pteranodon, hanya saja lebih besar. Lebar sayap yang terbesar sepanjang 12 meter (sebesar pesawat bermesin propeler). Perkiraan warna merah keungu-unguan. Kehidupannya kira-kira di sekitar pantai, karena bentuk paruhnya yang memungkinkan untuk menangkap ikan.

Seismosaurus


Seismosaurus adalah sejenis dinosaurus sauropoda (dinosaurus berleher panjang) dari genus Diplodocus. Panjangnya lebih dari 40 meter. Dinosaurus ini hidup di Amerika Selatan dan Asia Timur pada periode Jurassic akhir, sekitar 155.000.000 tahun sebelum Masehi.

Stegodon




?
Stegodon
Rentang fosil: PliosenPleistosen

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Proboscidea
Famili: Elephantidae
Upafamili: Stegodontinae
Genus: Stegodon
Falconer, 1847
Stegodon adalah genus dari subfamili Stegodontinae yang telah punah dari ordo Proboscidea. Stegodons hidup di benua Asia selama era Pliosen dan Pleistosen. Beberapa spesues Stegodon merupakan yang terbesar dari antara semua Proboscidea, dengan Stegodon dewasa memiliki tinggi 13 kaki.
Terdapat dua belas spesies Stegodon:
  • Stegodon elephantoides (Myanmar, Jawa)
  • Stegodon sompoensis (Sulawesi, Indonesia)
  • Stegodon aurorae (Jepang) – Stegodon Aurora
  • Stegodon ganesha (India, Pakistan)
  • Stegodon insignis (Pakistan)
  • Stegodon zdanski (Tiongkok)
  • Stegodon orientalis (Tiongkok, Jepang) – Oriental Stegodont
  • Stegodon shinshuensis (Jepang) – Japanese Stegodont
  • Stegodon trigonocephalus (Jawa, Indonesia)
  • Stegodon sondaari (Flores, Indonesia)
  • Stegodon tetrabelodon syrticus (Shabi, Libya)
  • Stegodon florensis (Flores, Indonesia)

Stegosaurus




?
Stegosaurus
Fossil skeleton, National Museum of Natural History
Fossil skeleton, National Museum of Natural History
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Sauropsida
Ordo: Ornithischia
Upaordo: Thyreophora
Famili: Stegosauridae
Genus: Stegosaurus
Marsh, 1877
Species
  • S. armatus (type)
  • S. stenops
  • S. longispinus
Stegosaurus
Terjemahan “roof-lizard”
Tipe armored dinosaur
Panjang 30′ (9m)
Tinggi 13′ (4m)
Berat 5.5 tons
Gerakan quadruped
Era Jurassic
Umur 155 to 145 million years ago
Diet Herbivore
Lingkungan grassless savanna
Penyebaran North America
Stegosaurus [1] (diucapkan /ˈsteg.əˌsɔː.rəs/) artinya “roof-lizard”, karena plates di punggungnya (bahasa Yunani stego = plate/roof + sauros = lizard) adalah sebuah genus dinosaurus herbivora besar dari Upper Jurassic di Amerika Utara. Spesies ini adalah salah satu jenis dinosaurus yang paling mudah diidentifikasi, karena kedua baris kite-shaped plates di punggungnya (dasar untuk nama ilmiahnya) dan long spikes di ekornya (disebut thagomizer).

Triceratops



Triceratops adalah jenis dinosaurus bertanduk tiga yang berbadan besar. Panggilan pendeknya Tritop. Dinosaurus ini jarang lari ketakutan karena Tyrannosaurus, karena biasanya mereka melindungi diri mereka dengan tanduknya yang tajam. Pernah disebut sebagai dinosaurus ksatria, karena bentuk kombinasi kepala dan tanduknya membuat dirinya seperti seorang ksatria dengan pedang dan tameng. Sebutan ini ada benarnya, karena kulit yang berada pada posisi ‘tameng’ amatlah keras.

Tyrannosauridae




?
Tyrannosauridae

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Reptilia
Ordo: Saurischia
Upaordo: Theropoda
Superfamili: Tyrannosauroidea
Famili: Tyrannosauridae
Osborn, 1906
Genera
(lihat di bawah)
Tyrannosauridae adalah salah satu suku dinosaurus karnivora. Nama “tyrann” berarti penguasa. Anggota dari genus ini memiliki ciri khas yaitu memiliki tulang pinggul yang kuat untuk menopang beban tubuhnya, sehingga dapat berdiri dengan dua kakinya. Selain itu, genus tyrannosauridae memiliki gigi yang tajam dan tulang rahang yang kuat. Anggota dari genus ini bervariasi mulai dari ignitochus sampai T-rex. Suku tyrannosauridae memiliki rekor kecepatan yang cukup tinggi, mencapai 70 km/jam (untuk T-rex).
Tyrannosauridae dulunya diklasifikasikan dalam bangsa carnosauria bersama dengan theropod, namun penelaahan filogenetik akhir-akhir ini menentukan bahwa tyrannosauridae berada dalam kelompok coelurosaur, sebuah kelompok yang juga termasuk ornithomimid dan maniraptora.
Tyrannosauridae memiliki keterkaitan yang lebih besar dengan dromaeosaurid daripada hewan pemangsa besar lain seperti allosarid.
Ciri-ciri tyrannosauridae adalah tengkorak yang lebar dan besar, leher yang pendek dan keras, serta lengan yang hanya mempunyai dua digit.

Tyrannosaurus Rex



Tyrannosaurus rex

Fosil tulang di
National Museum of Natural History, Washington, DC
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: ReptiliaTemplat:Taxobox superordo entry
Ordo: Theropoda
Familia: Tyrannosauridae
Genus: Tyrannosaurus
Spesies: T. rex
Nama jenis
Tyrannosaurus rex
Osborn, 1905
Tyrannosaurus rex (T-rex) merupakan dinosaurus jenis karnivora yang terbesar. T-Rex dapat tumbuh sepanjang 12 meter (sekitar 40 kaki)dan berat mencapai 7 ton . Dinosaurus ini memangsa dinosaurus herbivora besar seperti triceratops dan edmontosaurus. Selain itu tyrannosaurus juga diketahui memiliki salah satu gigitan terkuat dibanding hewan lain yang pernah ada.


deskripsi

Meskipun tubuh dan kepalanya amat besar tyrannosaurus memiliki suatu kejanggalan, yaitu tangannya yang amat kecil. Tyrannosaurus kemungkinan memakainya untuk bangkit dari tanah saat berbearing. Selain itu ada sedikit bukti kalau mereka memiliki bulu. Tengkorak tyrannosaurus sendiri panjangnya kurang lebih 1,5 meter (sekitar 5 kaki). Rahangnya memiliki gigi yang amat besar sepanjang kurang lebih 15 cm (terbesar). Panjang tubuh monster ini kemungkinan sekitar 12-13 meter.

perilaku

tyrannosaurus kemungkinan berperilaku sama seperti buaya dan dan reptil modern lainnya, hal ini diketahui dari bentuk otak mereka yang amat mirip dengan buaya dan aligator. Dalam catatan fosilnya juga ditemukan dedikit bukti perilaku sosial.

Ultrasaurus



Ultrasaurus
Ultrasaurus adalah dinosaurus kerabat Brontosaurus yang terbesar dalam jenisnya. Ultrasaurus berwarna hijau cerah, ukuran tubuh mencapai 30 meter. Sama dengan kerabat-kerabat leher panjang lainnya, dinosaurus ini merupakan jenis herbivora. Fosil paha yang ditemukan mencapai 9 meter.

Velociraptor




?
Velociraptor
Rentang fosil: Late Cretaceous
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Sauropsida
Superordo: Dinosauria
Ordo: Saurischia
Upaordo: Theropoda
Famili: Dromaeosauridae
Genus: Velociraptor
Osborn, 1924
Species
V. mongoliensis Osborn, 1924
Velociraptor adalah sejenis pemangsa seperti Tyrannosaurus, hanya berbadan lebih kecil dan biasa hidup berkelompok. Strategi menyerang mereka lebih pintar daripada dinosaurus lainnya. Mereka menggunakan penarik perhatian untuk mengalihkan perhatian mangsa mereka, yang sebenarnya mangsa mereka telah dikepung.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Look

Lampirkan Chat Loe disini Bro


ShoutMix chat widget